Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com

Remastering Ubuntu - Part 1

Diposting oleh Eko Hadi G Senin, 31 Mei 2010 3 komentar

Ubuntu merupakan salah satu distro linux keturunan debian yang sudah populer di kalangan IT. Dari vendor nya Canonical, ubuntu memudahkan pengguna baik dari segi penggunaan nya yang user friendly dan kemudahan untuk memperoleh nya baik download maupun pesan CD Ubuntu secara free.

Remastering Ubuntu - Part 2

Diposting oleh Eko Hadi G Minggu, 30 Mei 2010 0 komentar

Tahap Customisasi
Pada bagian ini anda akan saya bawa menuju beberapa customisasi standar seperti meng-update database sources melalui internet, meng-install software, meng-upgrade system agar komptibel dan meremove software. Untuk customisasi seperti mengubah wallpaper, themes dan icon akan saya jabarkan di halaman Customisasi Remastering Ubuntu - tingkat advance. Ok dech langsung saja kita ke TKP.

Remastering Ubuntu - Part 3

Diposting oleh Eko Hadi G 1 komentar


Tahap Cleaning Up
Pastikan pada tahap ini anda masih bekerja di lingkungan filesystem linux yang anda remastering atau chroot bila sudah keluar silahkan klik disini. Tujuan dari cleaning up ini adalah memperkecil space atau kapasitas file iso yang akan kita buat nantinya.

Resume Remastering

Diposting oleh Eko Hadi G 1 komentar

Adakalanya saat meremaster ubuntu anda pasti menemui hal-hal yang membuat anda harus keluar dari lingkungan filesystem linux yang anda remaster. Baik mulai dari mati lampu (eh kalau mati lampu ma ganti lampunya yach, mati listrik kaliii!!) sampai komputer nge-hank karena megang bola. Untuk itu kita akan meresume project kita yang menggunakan metode squashfs dan resume ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan metode squashfs tools. bagaimana cara meresume nya? langsung saja kita praktekkan


Bagaimana kabar anda, masihkah siap untuk melanjutkan customisasi remastering ubuntu yang sudah anda buat? Saya yakin anda mengunjungi halaman ini karena anda penasaran dan ingin men-custom ubuntu anda lebih baik lagi. Baiklah, dihalaman ini anda akan saya bimbing untuk mengedit sourcecode apa saja yang bisa anda ubah agar ubuntu anda bisa seperti apa yang anda ingin kan. Namun tidak menutup kemungkinan bila ada kekurangan di dalam mengubah sourcecode nya karena saya juga manusia. sebisa saya akan saya paparkan.

Video Venus Occultation 16 Mei 2010

Diposting oleh Eko Hadi G Kamis, 20 Mei 2010 0 komentar

Sempat beberapa saat browsing mencari Video yang benar2x realita tentang kejadian Okultasi planet Venus 16 Mei 2010 karena saat itu Yogyakarta tertutup mendung + hujan sehingga tidak memungkinkan untuk observasi. Akhirnya dari perburuan saya dalam beberapa menit membuahkan hasil dan mendapatkan sebuah video realita yang sengaja di ambil dari sebuah teleskop menggunakan kamera dengan mode video. Jadi meskipun kemaren tidak sempat melihat Venus mengalami okultasi secara langsung setidaknya anda bisa melihat video aslinya dari kawan kita seorang astronom diluar negri ini.

Adakalanya disaat teman-teman akan mengisntall distro linux seperti Slackware dan varian nya, pastilah melewati sebuah tahapan yaitu pembuatan partisi untuk file system distro linux yang akan di install. Sebelum teman-teman membuat sebuah partisi untuk filesystem linux, harus lah disediakan sebuah space harddisk yang masih benar-benar kosong karena space yang kosong ini akan di format sesuai dengan bentuk filesystem yang akan digunakan seperti ext2 atau ext3 bahkan swap.

Bagi seorang gamers khusunya yang suka online atau mungkin bermain game di jaringan, salah satu peralatan yang wajib ada untuk menghubungkan satu computer dengan computer lainnya adalah kabel Lan crossover. Di sesi ini kita akan membuat sebuah jaringan kecil dengan menghubungkan 2 buah computer dan cara konfigurasi IP nya. Langkah pertama sebelum membuat jaringan Lan adalah menyiapkan peralatan yang akan kita gunakan antara lain:

Muhammad The Last Prophet

Diposting oleh Eko Hadi G Selasa, 18 Mei 2010 0 komentar

Sebuah film animasi tentang Nabi Muhammad SAW, Tapi jangan pernah berharap bisa melihat sosok Muhammad secara utuh.

Awan mendung menggelayut di tanah Mekkah. Terik matahari yang garang tetap tak bisa membuat tanah Mekkah bersinar. Mekkah memang tengah dilanda gelap gulita. Kemerosotan akhlak berlangsung di mana-mana. Pemujaan berhala dan penindasan terhadap hamba sahaya menjadi pemandangan kusam di Mekkah. Ya, zaman jahilyiah tengah berlangsung di sana.

Venus 1 day after Occultation

Diposting oleh Eko Hadi G Senin, 17 Mei 2010 0 komentar


Tepat hampir 1 hari berlalu venus ber-okultasi dengan bulan. Kini nampak begitu jelas di arah barat sebuah bintang bersinar cukup terang yang mana object ini bukanlah bintang melainkan planet venus. Sempat beberapa saat saya abadikan moment ini dari lantai 2 sebelum mendung menutupi kota Jogja.

JAC Astro FUN di TK Salsabilla Pandowoharjo Sleman

Diposting oleh Eko Hadi G Sabtu, 15 Mei 2010 0 komentar

Jogja Astro Club, Eko Hadi Gunawan. Tepat nya Hari Jum'at 14 Mei 2010 pukul 8.00, TIM Jogja Astro Club mengadakan acara JAC Astro Fun di TK Salsabilla Pandowoharjo Sleman. Acara dimulai kurang lebih pukul 9.00 dengan TIM Beranggotakan 5 Orang. Dimulainya acara dari perkenalan TIM JAC dan dilanjutkan dengan pembagian kompas ke anak-anak untuk mengenal arah mata angin. Ternyata baru acara pengenalan arah mata angin saja anak-anak sangat antusias mengikuti acara yang tak luput di bimbing oleh salah seorang dari TIM JAC yang sangat lucu dan friendly dengan anak-anak.

Handbrake Opensource The best DVD Ripper

Diposting oleh Eko Hadi G Jumat, 14 Mei 2010 0 komentar

Beberapa tahun yang lalu saya mulai tertarik untuk me-ripper DVD Movie. Daripada saya download film nya, antara biaya yang dikeluarkan untuk mendownload film yang dicari mendingan saya ripper DVD Movie yang berkualitas HD dengan harga sewa yang begitu murah. Ya sekitar Rp.3000. Dari situ mulailah saya mencari Software DVD ripper yang paling baik dan menampilkan kualitas gambar yang jelas sekaligus berkapasitas kecil. Beberapa kali menginstall product2x.. yang berbayar ternyata hasil nya tidak memuaskan, mana yang gambarnya tidak sesuai dengan resolusi sesungguhnya, mana yang kapasitas nya besar.

Eta Aquarids Meteor Shower 2010

Diposting oleh Eko Hadi G Selasa, 04 Mei 2010 0 komentar

Jogja Astro Club. Mutoha Arkanudin. Heboh-heboh meteor belakangan ini semakin membuat penasaran kita tentang benda yang satu ini. Nah, bagi anda para pemburu meteor jangan lupa lingkari tanggal pada tanggal 6 Mei yad. Tepatnya tanggal 7 Mei 2010 dinihari yaitu Jumat pagi sebab menurut prediksi para astronom pagi itu merupakan puncak kenampakan meteor-meteor yang disebabkan rontokan Komet Halley yang pernah melintas di sekitar orbit Bumi.

Mengenal bintang terang disore hari dibulan Mei

Diposting oleh Eko Hadi G Senin, 03 Mei 2010 0 komentar

Jika anda berdiri dan menghadap kearah barat setelah pukul 19.00 WIB pada tanggal 1 Mei hingga 18 Mei 2010 di beberapa wilayah indonesia dari Aceh hingga bali maka anda akan melihat beberapa bintang yang sangat cerah. Kurang lebih ada 6 Bintang yang kecerahan nya dapat kita lihat dengan mata telanjang disaat langit cerah dan tidak terhalang awan. 6 bintang tersebut mulai dari kiri kekanan adalah Canopus, Sirius, Rigel, Betelgeuse, Procyon dan terakhir Pollux.


Sebuah server internet maupun intranet yang mempublikasikan Website, biasanya didalam nya sudah terinstall beberapa aplikasi webserver yang akan mempublish website. Webserver terdiri atas HTTP server dan database server. Beberapa software yang populer menjadi aplikasi HTTP Server yaitu IIS (Internet Information Server) milik Microsoft dan Apache Server (open source) sedangkan untuk aplikasi Database Server yaitu Oracle (berbayar) dan Mysql Server (opensource).

Instalasi Bind9 DNS Server

Diposting oleh Eko Hadi G 0 komentar

Bind9 merupakan salah satu paket software opensource yang di implementasikan sebagai Domain Name System(DNS) server. Fungsi dari DNS server sendiri adalah menterjemahkan dari nama sebuah domain ke dalam IP Address yang digunakan oleh server sehingga saya berharap ditutorial ini anda bisa lebih tau bagaimana kerja dari sebuah DNS Server.Disini saya akan mengambil nama domain "labsimnet-server.edu" dengan menggunakan IP Adress "192.168.100.8" dan tutorial ini sudah dipraktekkan dengan Distro Ubuntu.

Jakarta -