Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com

Mengenal bintang terang disore hari dibulan Mei

Diposting oleh Eko Hadi G Senin, 03 Mei 2010

Jika anda berdiri dan menghadap kearah barat setelah pukul 19.00 WIB pada tanggal 1 Mei hingga 18 Mei 2010 di beberapa wilayah indonesia dari Aceh hingga bali maka anda akan melihat beberapa bintang yang sangat cerah. Kurang lebih ada 6 Bintang yang kecerahan nya dapat kita lihat dengan mata telanjang disaat langit cerah dan tidak terhalang awan. 6 bintang tersebut mulai dari kiri kekanan adalah Canopus, Sirius, Rigel, Betelgeuse, Procyon dan terakhir Pollux.

Canopus terlihat cerah karena bintang ini mempunyai magnitude / tingkat kecerlangan -0.65. kekanan sedikit maka anda akan melihat sirius yang nampak lebih cerah dibanding Canopus. Sirius sebenarnya merupakan bintang bertype multiple star bukanlah seperti yang kita lihat dengan mata telanjang hanya 1 bintang. Magnitude dari Sirius adalah -1.45. kemudian kekanan agak bawah maka anda akan menemukan Rigel dan Betelqeuse yang mana 2 bintang ini membentuk sebuah Rasi Bintang yaitu Rasi Orion. Diantara rigel dan orion anda akan melihat 3 bintang yang berjejeran yaitu dari atas kebawah Alnitak, Alnilam dan Mintaka. Kekanan atas anda akan menemukan bintang yang bernama Procyon yang tingkat kecerlangan nya lumayan cerah dan terakhir di sebelah kanan nya anda akan melihat Pollux sebuah bintang dari Rasi Gemini. Procyon dan Pollux merupakan Type Bintang ganda atau Double Star. Dari ke 6 Bintang yang telah disebutkan ada 4 bintang yang biasanya nampak jelas yaitu dari kiri kenan Canopus, Sirius, Procyon dan Pollux. ketiga bintang ini bisa anda lihat dari tanggal 1 mei hingga 30 mei 2010 bila langit cerah. Berikut Gambar Ilustrasi dari bintang-bintang yang saya maksudkan. Gambar diambil menggunakan Software Stellarium.

6 Bintang Cerah dibulan Mei
dari kiri ke kanan Canopus, Sirius, Rigel, Betelgeuse, Procyon dan terakhir Pollux.


Rasi Orion


4 bintang cerah



Observasi dilakukan Di sebelah timur perumahan Ngori Indah daerah kota Yogyakarta Sabtu Malam tanggal 1 Mei 2010.
Hasil Observasi terlihat 3 bintang yang paling cerah. Dari kiri kekanan, Canopus, Sirius dan yang paling kanan kalau tidak salah pollux.

Gambar ilustrasi    : Stellarium 0.10.4
Sumber Data bintang : Starrynight Pro Plus 6.3.9

0 komentar

Posting Komentar

Jakarta -