Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com

Gerhana Bulan Sebagian 26 juni 2010

Diposting oleh Eko Hadi G Selasa, 08 Juni 2010

Lebih dari beberapa bulan yang lalu tepat nya 1 Januari 2010 00:18 WIB, Gerhana Bulan Sebagian menjadi panorama indah disaat merayakan malam tahun baru. Kini dalam hitungan hari tepat nya tanggal 26 Juni 2010 kita akan melihat kembali peristiwa alam tersebut, Gerhana Bulan Sebagian. Tepat pada saat itu juga bulan sedang mengalami Purnama nya sehingga akan tampak begitu lebih jelas seperti tanggal 1 Januari yang lalu. Namun pada GBS kali ini panorama yang di berikan jauh lebih bagus dari pada 1 januari yang lalu. umbra yang menutupi bulan jauh lebih besar dan hampir menutup sebagian dari tubuh bulan.



 Perbandingan Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana Bulan Sebagian / GBS akan dimulai sebelum matahari terbenam tepat nya pukul 15:58 WIB atau 8:58 UT dimana saat itu penumbra mulai memasuki permukaan bulan kemudian GBS akan berakhir pada pukul 21:18 WIB atau 2:18 UT. Puncak dari GBS adalah Pukul 18:38 WIB. Penampakan GBS ini dapat anda lihat di arah timur. Berharap saja cuaca saat itu benar-benar cerah karena GBS akan terjadi lagi 1 tahun berikut nya pada tanggal 16 Juni 2011 pukul 00:25 WIB. Bagi anda yang ingin menyaksikan peristiwa alam ini jangan lupa untuk mendokumentasikan nya bersama kawan dan keluarga anda karena disamping waktunya yang masih sore juga enak untuk observasi bersama.

Visibilitas terhadap Matahari Tenggelam

Dari Yogyakarta, "denger-denger" akan dilakukan observasi bersama planetarium jakarta di kompleks Candi Prambanan. Sehingga bagi anda yang berada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya silahkan mampir di tempat observasi bersama. namun untuk kejelasan tempat dan waktu nya saya belum begitu jelas karena belum bertemu langsung dengan ketua JAC bapak Mutoha Arkanudin.

Foto-foto Observasi GBS 1 Januari 2010
Foto Bulan di ambil menggunakan Canon A480 + Teleskop Skywatcher

Salah satu anak-anak yang ikut berpartisipasi

Observasi bersama

0 komentar

Posting Komentar

Jakarta -