Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com

Melihat beberapa Planet dalam satu waktu hingga bulan Agustus.

Diposting oleh Eko Hadi G Senin, 21 Juni 2010

Cuaca cerah sudah mulai terasa di kawasan kota Yogyakarta saat malam hari. Itu pertanda bahwa observasi benda langit sudah bisa dimulai. Jika pada hari-hari biasanya anda mengobservasi rasi bintang atau bintang-bintang lainnya, kini anda dapat mengobservasi planet yang berada pada tatanan tata surya dalam satu waktu. Dengan mata telanjang saja kita dapat meng-explore beberapa planet. Beberapa planet yang dapat anda observasi merupakan planet "tetangga" planet kita yaitu Venus, Mars dan Saturnus.

Ketiga planet ini dapat anda lihat pada sore hari pada pukul 18:00 hingga pukul 21:00 arah barat dan khusus untuk venus hanya sampai pukul 19:00. Akhir dari Waktu yang disebutkan bukanlah batas waktu yang pasti karena seiring berjalan nya hari ke hari ke 3 planet ini akan "berjalan" menuju ke arah barat dan mulai mendekati satu sama lainnya. Sejak saat tulisan ini dibuat pada tanggal 21 Juni 2010, ketiga planet tersebut mulai hampir sejajar meskipun tidak segaris lurus.

Posisi Venus, Mars dan Saturnus hampir membentuk garis lurus

Di pagi hari anda akan disuguhkan dengan sebuah planet terbesar di tata surya siapa lagi kalau bukan jupiter. Jupiter akan mulai nampak pukul 01:00 Dini hari (terhintung sejak 21 Juni 2010) hingga matahari terbit. Jupiter akan tampak terang sekali jika tidak tertutup awan atau mendung. Jika anda melihat "Si Jovian" ini pada pagi hari kurang lebih dari pukul 03:00 hingga 04:30, anda pasti dapat langsung tahu bahwa bintang yang bersinar cerah itu adalah Jupiter bahkan meskipun tertutup mendung atau kabut, planet ini akan nampak bersinar seperti bintang pada umumnya. Penasaran yach? Untuk melihat nya, planet ini akan terbit dari arah timur so disaat anda akan meng-observasi silahkan tengadahkan kepala anda ke arah timur makan anda akan melihat Jupiter. Sebenarnya tidak hanya jupiter saja yang bisa kita lihat uranus planet ke 7 juga bisa kita observasi. Namun karena letaknya yang sangat jauh dan ukuran nya yang kecil maka uranus hampir tak tampak oleh mata telajang sehingga untuk melihat planet urutan ke 7 ini kita harus menggunakan teleskop.
Posisi Uranus yang berdekatan dengan Jupiter

2 Agustus 2010; 18:00 planet pertama dari tata surya akan berada pada ketinggian 20' diatas ufuk sebelah barat. Jika anda ingin mengukur ketinggian 20' anda dapat menggunakan jari tangan anda yaitu dengan mengacungkan jempol dari arah ufuk.
Posisi Merkurius 20' diatas ufuk menggunakan Stellarium
 
 Mengukur derajat dengan tangan

Di tanggal 10 Agustus 2010 Venus, Mars dan Saturnus akan berada pada jarak terdekat dan hampir membentuk segitiga.. Waktu yang paling optimal untuk melihat 4 planet ini diperkirakan antara pukul 18:00 hingga 19:00 ditambah lagi Merkurius pada ketinggian 19'. Bagi anda yang ingin berobservasi planet dengan mata telanjang kini saat nya untuk mengambil moment observasi selama 2 bulan ini hingga Agustus 2010. Selamat ber-Observasi. :D
Melihat 4 Planet sekaligus dalam 1 waktu

 TIM Jogja Astro Club sedang mengukur ketinggian bulan pada 18 Juni 2010

Software Sources : Stellarium & Starrynight 6 Pro Plus.
By: Jogja Astro Club, Eko Hadi G.

0 komentar

Posting Komentar

Jakarta -