Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com

Venus 1 day after Occultation

Diposting oleh Eko Hadi G Senin, 17 Mei 2010


Tepat hampir 1 hari berlalu venus ber-okultasi dengan bulan. Kini nampak begitu jelas di arah barat sebuah bintang bersinar cukup terang yang mana object ini bukanlah bintang melainkan planet venus. Sempat beberapa saat saya abadikan moment ini dari lantai 2 sebelum mendung menutupi kota Jogja.

Dengan peralatan seadanya tanpa teleskop akhirnya dapat juga mengambil foto Venus dengan bulan. Tapi sayang hanya bulan yang dapat saya capture sedangkan venus tidak dapat di zoom lebih jelas karena keterbatasan peralatan. Setelah sampai di Laptop dan mulai saya melihat hasil "jepretan", ternyata ada sebuah bintang tak sengaja tercapture dalam kamera saya. Setelah saya chek kembali dengan starrynight dan stellarium ternyata nama bintang ini adalah Mebsuta yang mempunyai tingkat kecerahan / magnitude 3.03 dan berjenis multiple star. Berikut hasil foto nya.


Posisi Planet Venus dan Bulan



Bulan dan bintang bernama "Mebsuta"



Pemandangan dari atas

0 komentar

Posting Komentar

Jakarta -