Subscribe to web2feel.com
Subscribe to web2feel.com

Remastering Slax (Via Online)

Diposting oleh Eko Hadi G Jumat, 28 Januari 2011

Remastering SLAX Online
Slax sebagai salah satu distro linux turunan dari nenek moyang nya yang bisa dibilang paling stabil untuk jaringan pada masa nya alias slaxware merupakan distro linux yang paling mudah dan praktis dalam instalasi nya dan remastering nya. Kapasitas default nya yang hanya 200 MB (Saat tulisan ini ditulis Versi Slax 6.1.2) mudah diinstal menggunakan via USB Flashdisk. Alhasil tanpa harus susah-susah memformat harddisk, slax sudah dapat digunakan layaknya kita menggunakan linux pada umum nya.

Berbeda dengan nenek moyang nya slackware, Slax tidak menggunakan ekstensi tar.gz melainkan lzm sebuah teknologi kompresi yang digunakan oleh slackware. Dengan menggunakan file ekstensi .lzm, dalam penginstallan software maupun paket (biasanya disebut modul) slax tidaklah ribet. Hanya dengan membuka modul manager dan klik add maka modul sudah terinstal.

Pada bahasan kali ini kita akan membahas bagaimana meremastering slax via online. Fasilitas yang akan kita dapatkan dalam meremastering slax via online yaitu kita tidak perlu repot-repot mendownload modul-modul yang akan digunakan. Tinggal klik "add to build" maka secara otomatis modul/software slax akan ditambahkan dalam file.iso master slax kita. Sehingga ketika kita menginginkan Slax versi Astronomi maka modul yang perlu kita tambahkan adalah modul-modul yang berkaitan dengan Astronomi seperti Stellarium. Pingin Coba? Ok dech kita siapkan koneksi internet kita dan siap-siap untuk meremaster slax sesuai keinginan kita dan berikut langkah-langkah nya.


  • Buka alamat Website official Slax
  • Buat account baru dengan klik "login" kemudian klik "Create your Slax Account Now"

  • Isikan semua form dan jangan lupa password nya. Jika sudah klik "Register"

  • Muncul halaman pemberitahuan bahwa anda sudah berhasil registrasi. Klik "Build Slax" dan kita akan memulai remastering slax.

  • Pada halaman Build Slax akan tampak modul utama atau modul default seperti Slax Core, Slax Xorg, Slax KDE, Slax Apps, Slax Koffice, Slax Devel dan Slax firefox. Default nya file ISO Slax adalah kurang lebih 200MB jika kita remaster sudah pasti tentu nya akan membengkak sesuai dengan banyak nya modul yang akan kita tambahkan. Klik "Add more modules" untuk melanjutkan remastering.

  • Kini kita telah sampai halaman modules. Pilih modul sesuai tema remastering anda. Klik pada Kategori Modul yang akan anda gunakan. Disini saya akan mencontohkan dengan tema Slax Gaming Edition (Weesss bahasanya he3x...:D) Oleh karena nya saya pilih kategori Games.

  • Pada Kategori Games, modul yang disediakan banyak sekali jika anda ingin menggunakan nya silahkan pilih modul dengan menge-klik "add to build". Saya contohkan saya menggunakan paket/modul Fishie-Fishie dan klik add to build.

  • Lanjutkan pemilihan modul sesuai dengan tema yang anda ingin kan. Anda dapat pula menambahkan modul dari lain kategori. Misal nya sesudah dari kategori games, anda dapat menambahkan modul Networking, Graphic dan lain-lain nya.

  • Jika dirasa sudah selesai dan sesuai dengan tema maupun selera, Klik "build Slax" untuk kembali ke jalan yang benar. Eh maksud saya kembali ke tujuan semula yaitu meremaster. He3x...

  • Kini pada halaman build Slax Akan ditambahkan modul-modul yang sudah kita pilih tadi.

  • Jika ada peringatan "In order to function properly...." ada baik nya anda menambahkan beberapa modul yang di minta. Cara nya klik modul yang disebutkan misal disini freealut 1.1.0, libopenal1_1.8.466-2 dan add to build.

  • Setelah dirasa cukup kini langkah terakhir yaitu men-download hasil remastering slax kita. Klik "Download ISO" dan proses remastering Slax selesai.
 

Bagaimana mudah bukan, Semoga bermanfaat bagi saya, anda dan kawan-kawan lain nya. Sampai jumpa di tutorial selanjut nya dan Wassalamualaikum. ^_^

0 komentar

Posting Komentar

Jakarta -